Setelah sekian lama kemarau, dan akhirnya minggu minggu ini di sebagian besar wilayah di Indonesia sudah dibasahi oleh hujan.

Beberapa penyakit seperti pilek, flu sampai demam berdarah juga mengawasi di muka mata. Oleh karenanya, kita harus bisa memperhatikan kesehatan supaya masih fit serta dapat jalankan kegiatan setiap hari dengan sebaik-baiknya. Berikut tujuh langkah masih sehat pada musim hujan:

Tips Dan Cara Tetap Sehat Saat Musim Hujan

1. Menjaga badan masih hangat
 Beberapa periset temukan jika badan yang kedinginan, khususnya kaki, bisa mengakibatkan tanda-tanda flu ada pada satu orang yang telah rawan pada virus flu. Waktu badan berupaya jaga diri kita supaya masih hangat, badan batasi saluran darah ke kaki kita terhitung hidung. Ini membuat hidung dingin sebagai tempat favorite buat banyak virus. Oleh karenanya, kita harus pastikan kita terproteksi dengan menggunakan baju hangat waktu musim hujan datang.

2. Mengonsumsi vitamin C
Vitamin C, baik berbentuk alami atau jadi suplemen makanan bisa menolong percepat pemulihan dari virus flu. Walau masih diperdebatkan di golongan dokter apa vitamin C ialah obat untuk flu, memenuhi konsumsi vitamin C dapat menguatkan ketahanan badan hingga kita tidak gampang diserang flu. Coba untuk konsumsi makanan memiliki kandungan vitamin C seperti paprika merah serta hijau, pepaya serta nanas supaya kita tidak gampang jatuh sakit.

3. Mandi air hangat
Mandi air hangat selesai terjerat dalam hujan akan perlahan tingkatkan suhu badan kita. Langkah berikut dapat juga menolong kita singkirkan kuman serta membuat perlindungan kita dari infeksi. Tidak hanya mandi, kita dapat juga merendam kaki kita ke air hangat.


4. Mengonsumsi minuman hangat
Tidak hanya berasa nikmat, konsumsi minuman hangat pada musim hujan sangat baik untuk kesehatan kita. Kita dapat konsumsi teh hijau atau cokelat panas. Diluar itu, kita dapat juga coba satu mangkuk sup panas supaya suhu badan kita masih hangat. Cara itu dapat membuat kita tidak muda alami masuk angin atau infeksi yang dapat berlangsung sebab pergantian suhu badan yang mendadak.

5. Menjaga kebersihan serta kerapihan
Pada musim hujan, orang lebih condong berada didalam rumah serta tutup jendela supaya masih hangat. Walau ini kemungkinan kelihatan nyaman, kuman lebih condong menebar hingga kita butuh jaga kebersihan lingkungan rumah kita. Serta bila kita diserang masuk angin, menjaga tangan kita masih bersih dengan mencucinya dengan teratur atau pakai pembersih tangan.


6. Cukupi konsumsi cairan
Waktu suhu dingin, kita condong konsumsi air dalam jumlahnya yang lebih sedikit sebab kita tidak gampang merasakan haus. Walau sebenarnya, dehidrasi tidak selamanya diikuti dengan rasa haus. Jadi, tetaplah minum air walau kita tidak merasakan haus. Cairan ialah komponen penting buat badan sebab menolong kita keluarkan toksin dari badan. Jadi, cukupilah keperluan cairan badan kita.

7. Lihat konsumsi makanan
Lihat konsumsi nutrisi serta jangan makan asal-asalan waktu musim hujan. Seharusnya, kita memasak sendiri makanan yang kita mengonsumsi supaya kebersihan serta nutrisnya terjamin.